Banner 468 x 60px

Service Magic com dengan mudah

0 komentar
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Apa kabar teman-teman RAPI senusantara dan sahabatku  lainnya?? semoga sehat dan di berikan rezki yang berkah ,amin!!
Hari minggu saya dapat orderan untuk service magic com tetangga,langsung saya bongkar dan memperbaikinya.hanya 30 menit sudah kelar dan langsung saya test,alhasil selesai.
kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang memperbaiki magic com , meskipun dari kalangan teman-teman sudah banyak yang share tapi tidak ada salahnya saya berbagi saya akan mencoba menjelaskan dengan bahasa yang umum agar orang awam pun mengerti yang saya maksud,meskipun kata-kata saya amburadul dan sedikit tidak jelas

Baiklah saya akan menjelaskannya,silahkan membaca!!!!!




Dalam kehidupan yang semakin padat pekerjaan manusia, banyak bermunculan alat yang ditujukan untuk memudahkan pekerjaan manusia , dan sebagai contohnya adalah magic jar , alat yang digunakan untuk memudahkan dalam pengolahan nasi. Ada beberapa jenis dari magic jar itu, seperti rice cooker yang hanya dapat melakukan proses pengolahan, dan majig com / magic jar itu sendiri yang mampu mengolah sekaligus menghangatkan. Karena fungsinya yang dinilai masyarakat mampu memberikan manfaat yang besar itu, maka sekarang hampir di setiap rumah ada majic com atau rice cooker. Dan karena digunakan setiap hari, maka tidak menutup kemungkinan banyak magic com / rice cooker masyarakat yang mengalami kerusakan.

BERIKUT GEJALA YANG BIASA TERJADI DAN CARA MEMPERBAIKI
I. Nasi basi
1.Gejala ini timbul karena termistor rusak. Termistor adalah heater yang berfungsi apabila dalam keadaan warming, semakin tinggi suhunya akan semakin besar tahanan atau hambatannya. Semakin besar hambatannya maka tegangan yang masuk semakin sedikit sehingga akan mengurangi daya panas yang dihasilkan heater supaya tetap stabil pada 70 – 800C .
2.Coba lihat bagian tutup magic com / magic jar biasanya ada kabel yang terputus pada bagian elemen,kalau ada coba di sambung.kemudian cek dengan cara menyalakan magic com / magic jar jika bagian tutup terasa hangat maka normal jika tidak panas maka kemungkinan elemen pada bagian tutup rusak maka segera diganti
II. Tidak panas
1.Cek kabel yang menyambung ke stop kontak (sumber tegangan) dengan menggunakan multi tester (ohm),jika tiap ujung kabel tersambung maka kabel normal jika tidak silahkan ganti dengan yang baru kemudian cek
2.Cek thermal fuse dengan multi tester (ohm) jika jarum bergerak berarti normal jika tidak maka thermal fuse rusak dan harus di ganti kemudian cek
 

3.jika masih belum panas buka casing magic com kemungkinan bagian otomatis yang menenpel pada badan magic com tidak menempel,maka usahakan agar menempel kembali pada badan magic com kemudian cek 

4.Jika belum cek elemen yang menempel pada badan magic com kemungkinan ada kabel putus yang mengarah ke elemen kemudian cek elemen dengan multi tester (ohm) cek ujung masing-masing elemen jika tersambung maka elemen masih bagus jika tidak silahkan ganti dengan yang baru


III.Mati
Bisa karena kabel input putus atau terbakarnya thermal fuse. Thermal fuse berfungsi sebagai pemutus arus apabila panasnya melebihi kewajaran
IV. Nasi tidak matang-matang
1.Biasanya listrik yang ada di rumah anda tidak kuat,coba matikan barang-barang  yang menggunakan banyak daya untuk sementara
2.coba buka bagian tutup bawah lihat saklar magic com dan cek kaki-kaki saklar jika tersambung maka saklar masih baik jika tidak ganti saklar

3.jika belum coba buka thermostat lepas dari magic com kemudian buka bagian dalam thermostat kemungkinan bagian magnet di dalamnya kotor dan bersihkan

V.Panel led mati
Biasanya di karenakan terlalu panas maka resistor / led terbakar,coba ganti resistor dengan ukuran yang sama jika led juga mati maka ganti juga led nya.

Cukup sekian dari saya ada kurangnya dalam penjelasan saya,saya minta maaf dan jika ada gambar / kata-kata yang sama saya juga minta maaf.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar